Kontrol Manajemen Usaha Rental Mobil

Perkembangan jaman dan era globalisasi yang begitu pesat menjadi suatu tantangan baru bagi para pengusaha rental mobil serta karyawannya. Profesi seorang supir sangat dituntut akan kemampuan memberikan jasa pelayanan yang terbaik, dan sesuai dengan yang dibutuhkan oleh Pimpinan Usaha Rental Mobil serta Konsumen pengguna mobil sewa.

Peningkatan pengawasan internal pada perusahaan jasa tentunya menuntut tersedianya Quality Control agar tercapai pengawasan mutu yang diberikan kepada konsumen pengguna jasa.

Menurut Tengku Antonius Sumbara (Bussiness Development Gloria Rent Car) terdapat beberapa aspek utama yang mendukung terciptanya mutu yang baik pada usaha jasa sewa mobil, yaitu pengawasan, pengendalian dan pemeriksaan. Salah satu yang melakukan quality control tentunya adalah pimpinan namun itu juga tergantung dari struktur dari masing-masing perusahaan.

Jika skala perusahaan sangat besar tentu pimpinan tertinggi akan menyerahkan kepada manager untuk quality control ini. Disamping meningkatkan mutu pelayanan setiap staff kantor hingga orang lapangan seperti supir yang selalu berhadapan dengan konsumen. Armada mobil yang disewakan juga perlu diperiksa secara berkala. Karena perawatan mobil yang disewakan sangat penting, karena konsumen penyewa mobil tidak akan memberikan toleransi ketika rusak dalam perjalanan, terkecuali ban bocor.

Standar operasional prosedur harus ditetapkan setiap kali keberangkatan mobil ketika membawa konsumen yang menggunakan jasa rental mobil Pekanbaru terbaik. Sebaiknya supir yang akan membawa konsumen harus melaksanakan hal-hal sebagai berikut :
  • Periksan peralatan – peralatan seperti dongkrak, kunci-kunci, obat-obatan, racun api dan rambu-rambu segitiga.
  • Kemudian pemeriksaan ban mobil dan ban serap.
  • Pemeriksaan sistem elektrikal mobil : lampu besar, lampu kecil, lampu sign.
  • Pemeriksaan air wiper, air radiator dan aki.

Pemeriksaan standar ini wajib dilakukan oleh seorang supir sebelum melakukan perjalanan, jika saja ada yang kurang tentunya dapat meminta kelengkapan tersebut. Ataupun montir perusahaan segera bertindak melakukan penanganan dengan cepat. Atau bisa jadi mobil yang digunakan diganti dengan mobil yang lain.

Namun biasanya seorang supir jarang melakukan pemeriksaan sebelum berangkat disebabkan tidak profesional. Biasanya supir-supir lama yang sudah berumur selalu rutin melakukan hal-hal tersebut diatas.

Zaman sekarang kebanyakan seorang supir hanya bisa mengemudikan mobil namun tidak mengerti soal pemeriksaaan standar. Jadi rata-rata ketika ada permasalahan dijalan mereka kebanyakan panik. Dan tentunya hal ini akan memberikan dampak murkanya pimpinan perusahaan mereka.

Perusahaan Gloria Rent Car menjalankan standar operasional prosedur yang sebagaimana mestinya dilakukan. Sehingga setiap komponen yang berada di GRC Team melakukan pekerjaan sesuai dengan kemampuan mereka. Karena GRC Team sedapat mungkin menghindari komplain atau kekecewaan dari konsumen.

Apabila saja ada komponen yang melakukan kesalahan dalam melayani konsumen, tentu saja sangsi berat akan diberikan pimpinan mereka. Oleh karena itu Gloria Rental Mobil Pekanbaru sejak berdiri 2008 hingga tahun 2015 ini tidak pernah kehilangan konsumen. Dan biasanya konsumen yang tidak kembali tentunya konsumen yang tidak komitmen dengan kesepakatan antara mereka dengan Gloria Rent Car.

Ttd,
Ade Surya - Pengamat Rental Mobil