Mercedes-Benz S 400 L Menatap Jauh ke Depan

SEBAGAI model teratas sedan MercedesBenz, S Class sudah seperti sebuah karya seni yang dihiasi desain mewah nan elegan, kenyamanan tingkat atas, plus fitur-fi tur kelas wahid.

Presiden Direktur PT Mercedes-Benz Indonesia (MBI) Claus Weidner mengklaim bahwa S Class, termasuk S 400 L Exclusive, ialah mahakarya Mercedes-Benz yang telah menjadi bagian dari gaya hidup kaum berada. “S Class adalah soal teknologi, juga masterpiece dari perspektif desain dan kenyamanan,” ucapnya dalam acara peluncuran S 400 L Exclusive, Rabu pekan lalu, di Jakarta.

“Saya tak ingin bicara soal tenaga kuda ataupun kapasitas mesin. S Class ialah pemimpin di kelasnya. Sebuah trend setter yang turut menentukan ke mana arah (teknologi) otomotif secara global.

Mobil ini tidak menoleh ke belakang, tapi menatap jauh ke depan,” lanjut Direktur Penjualan dan Pemasaran MBI Stephan Moebius. Manajer Produk MBI Yudi Lesmana memaparkan Mercedes-Benz mengeluarkan aura seorang pemimpin dari S 400 L Exclusive lewat grille radiator empat kisi yang lebih besar, bonnet (hidung) mencolok, dan kontur lampu depan nan tajam.

Di interior dengan desain yang membuat Anda serasa menjadi raja, diselipkan fi tur ambient lighting demi menambah nuansa kemewahan. Seberapa terang iluminasi seputar kabin ada di tangan Anda. Ada pula tujuh warna pencahayaan yang dapat Anda pilih. “S 400 L Exclusive memiliki air-balance

Fitur ini mempunyai fungsi ionisasi dan kemampuan fi lter udara yang dioptimalkan sehingga kualitas udara dalam kabinmenjadi lebih baik lagi,” terang Yudi. Semua tempat duduk dilengkapi suspensi pegas Pullmafl ex plus sisipan karet yang dilapisi kontur busa. Semua itu dilakukan demi distribusi tekanan kursi seideal mungkin.

Untuk kenyamanan ekstra penumpang belakang, terdapat fi tur chauffeur package. Dengannya, kursi baris pertama dapat dimajukan secara elektronik sampai 77 mm sehingga ruang kaki penumpang S 400 L varian long wheelbase tersebut menjadi lebih lega lagi. Terdapat pula panoramic sunroof, lalu Burmester surround sound system.

S 400 L dilimpahi teknologi mutakhir di berbagai sudut. Untuk keamanan dan kenyamanan berkendara, antara lain terdapat active parking assist, acceleration skid control, anti-lock braking system, attention assist, electronic stability program, dan adaptive brake dengan fungsi hold. Juga terdapat airmatic suspension, ban run-fl at yang tetap dapat berjalan meski kempes, sampai crosswind assist.

“Crosswind assist membantu menstabilkan kendaraan saat ada angin lintang yang kencang saat berkendara,” tukas Yudi. Sedan dengan banderol harga Rp2,379 miliar off the road itu makin keren dengan dibenamkannya mesin bensin 3.0L pada dapur pacunya.

Dipadukan dengan transmisi otomatis 7G-Tronic Plus, struktur bodi 100% aluminium, dan fi tur ECO Start/Stop, hasilnya ialah konsumsi bensin yang tergolong hemat di kelasnya. Mobil yang membutuhkan 6,8 detik untuk melaju dari 0-100 km/jam tersebut diklaim mampu mencapai efi siensi 7,9-7,5 liter/100 km, dengan emisi CO2 159-147 gr/km. (Xan/S-2) - Media Indonesia, 26/06/2014, halaman 22